Pendakian Gunung Andong

Sunday, April 1, 2018

Pengen naik gunung tapi ga punya pengalaman sama sekali naik gunung? takut ga kuat? kali ini aku bakal cerita tentang pengalaman ku naik gunung untuk yang pertama kalinya, iyaaa pertama kalinya wkwkwkw..

Namanya gunung Andong, gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Saking pendeknya, kurang dari 2 jam udah bisa sampe ke puncak. Gunung Andong ini cocok banget buat pendaki pemula kayak aku (bahkan aku ini terlalu pemula, pengalamanku sebelum mendaki gunung Andong aku cuma pernah mendaki sebuah bukit aja LOL). Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jadi gini ceritanya, waktu itu aku di ajakin sama temenku buat naik gunung Andong, ku ga ngerti ni kek mana track nya, bayangin gunung itu pasti tinggi dan aku ga akan kuat sampe puncak. Tapi temen aku ini pinter banget sih bujuknya, dibilangnya 1 jam udah sampe puncak, track nya tu biasa aja dan pamer pemandangan yang bakal aku liat kalo udah sampe sana.. okeee aku terbujuk :3

Waktu itu aku cuma bawa tas ransel isi mantol, air mineral, minyak kayu putih (soalnya wajahku ini rawan banget di gigit nyamuk, kan ga lucu kalo pas foto wajahku bentol-bentol), sabun cair (suka apes aku tu kalo urusan perut), salonpas, kaos kaki, sarung tangan, selendang buat selimutan, senter (jangan sampe lupa).

Oiya, aku dulu berangkat dari Jogja jam 12 malem jadi pas hari Rabu tanggal 2 Agustus 2017. Aku ga pake tenda soalnya ga mau nginap diatas, jadi aku berangkatnya sengaja tengah malem, sampe basecamp jam 2 pagi. Dulu aku singgah dulu ke Basecamp Taruna Jayagiri soalnya aku mendaki via Dusun Sawit.

Disana ada yang jualan bakso, mayan lah makan dulu daripada kelaperan nanti, aku lupa seporsi berapa tapi murah kok.. abis itu aku rebahan, pengennya sih tidur biar ga ngantuk soalnya belom tidur itu semaleman. Sebisa mungkin kalo mendaki subuh-subuh tidur dulu.

Aku berangkat kira-kira pukul 04.00 WIB, bayangin aku ga bisa tidur itu kebayang donk ngantuknya kayak gimana. Oiya ini jalur pendakiannya :


Peta ini aku dapet dari instagram @infoandong kalo di liat dari peta, kalo berangkat dari Basecamp Taruna Jayagiri itu jalan ke barat trus ke utara sampe ketemu Gerbang Pendakian Gunung Andong.


Foto ini diambil keesokan harinya waktu aku pulang. Dari gerbang pendakian sampe ke puncak totalnya ada 2 pos, menuju Pos 1 itu kalo aku pribadi capek sih, yang bikin capek duluan soalnya jalannya tu pake anak tangga gitu dan mayan tinggi sih jarak anak tangga 1 dengan yang lainnya.

Karna aku ini pemula banget, jadi naik anak tangga itu langsung capek, trus ga tau dehh itu karna efek ngantuk banget (mungkin saking deg-deg annya kepikiran nanti bisa kuat atau enggak malah bikin aku ga bisa tidur), jadinya pas naik anak tangganya tu kayak ngambang gitu rasanya badanku.

Sampe pos 1 aku istirahat dulu, sebelum-sebelumnya aku sih istirahat mulu LOL.. jadi pos 1 ini berupa gubuk kayu gitu, aku ga sempet foto soalnya itu malem dan aku cuma bawa kamera HP aja dan dariapda aku foto mending buat aku istirahat wkwkwk

Trus lanjut lagi mendaki, sampailah aku di pos 2 (aku lupa sih kayaknya berupa gubuk kayu juga), habis dari pos 2 ini seingetku sih udah agak mendingan aku, pokoknya yang capek luar biasa itu pas di anak tangga setelah gerbang pendakian aja, itu bikin ngedrop duluan sih kalo buat aku pribadi yang waktu itu aku lagi ngatuk-ngantuknya.

Setelah pos 2 ini jalurnya berkelok-kelok gitu kayak muterin bukit, ada makamnya juga disana. Puncak makamnya ada di jalur sebelah kiri, trus jalur sebelah kanan ada Puncak Jiwa.

Puncak Jiwa ini biasanya buat camping, disana ada warungnya lhoo.. pas sampe sana banyak banget yang camping, kira-kira sampe atas jam 05.00 lebih, aku lupa lebih berapa tapi matahari belom terbit.

Waktu itu aku sebenenrya pengen liat sunrise, tapi aku udah ga tahan lagi, niatnya sih rebahan bentar, jadi aku gelar mantol yang aku beli di alfamart, aku tiduran beralaskan mantol di tengah-tengah kerumuman tenda-tenda.

Kurang lebih 15 menitan aku ketiduran, bangun-bangun rasanya seger banget, capekku ilang dan aku udah ga ngambang lagi rasanya, jadi emang bener aku cuma kurang tidur. tapi mataharinya udah mringis diatas :( sedih banget ga bisa liat sunrise.

Walaupun ga dapet sunrise aku tetep dapet pemandangan yang luar biasa indah..


Ini begitu aku bangun mataharinya udah mayan ke atas kayak gitu jadi udah agak terang.


Di belakang itu gunung Merbabu, indah banget pokoknya di sana.. Dari tempat camping aku ke puncak sebelahnya, jadi dari tempat camping itu ada jalan yang menurun trus nanjak lagi, keliatan kok dari tempat camping.


Nah aku trus naik lagi. pemandangannya kayak gambar di bawah ini, jadi dari sini aku bisa liat punjak jiwa.


Nah kalo yang ada benderanya ini namanya puncak Andong, waktu aku kesana itu mayan sepi sih soalnya aku weekday gitu kesananya jadi buat foto-foto juga enak..


Udah agak panas aku turun, keburu panas banget nanti ngantuk di jalan, karna cuma tidur beberapa menit aja dari malem. turunnya cepet banget, ga capek malah, cuma pegel aja sih telapaknya. di belakang ku ini adalah Gerbang Pendakian Gunung Andong, nahh pas dari sini jalan ke basecamp itu panas banget..


Buat yang pengen naik gunung tapi belom pernah naik gunung, aku saranin sih ke gunung Andong aja, aku yang pemula banget aja kuat kok, cuma apes aja sih aku ngantuk waktu naik kesana. Kurang lebih gitu sih pengalamanku naik gunung, kalo ada yang salah sama info yang aku tulis bisa komen di bawah yaaa nanti aku benerin :)
 
Copyright© 2010 Felisitas Brillianti | Semelekete Weleh Weleh | http://felisitasbrillianti.blogspot.com